KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI
KANTOR WILAYAH DJBC RIAU
KPPBC TMP B DUMAI
Selasa, 27 September 2022

SPECIAL DELIVERY

Yuk, temani Vera menyelesaikan misi dadakannya dengan menjadi bagian dari tim Special Delivery Bea Cukai Dumai!

Festival Film Pendek Bea Cukai Dumai 2022

#FFPFESPA22 #FESPA2022 #HBC76 #EventBeaCukai

Eksekutif Produser : Bambang Sukoco
Supervisor : Agus Wisnu
Sutradara, Penata Kamera, Editor : Alfikri Muttahid
Penulis Naskah, Asisten Sutradara : Francine Agatha
Pemeran : Desvera Dwi Cahyani, Sihombing Jonathan, Joshua Benhard, Haidar Hilmy, Ghandur Daffa, Sumaidah
Juru Lampu : Ghandur Daffa, Ika Ayu S.
Juru Suara : Ika Ayu
Penata Musik : Alfikri Muttahid, Ghandur Daffa
Drone Pilot : M. Muin Tanzil, Almeira Miranda,
Original Soundtrack : Lagu Ini Untukmu oleh Alfikri Muttahid

Artikel Terkait

IMPLEMENTASI PENGARUSTAMAAN GENDER BEA CUKAI DUMAI

Halo Kawan AWAK! Siapa disini yang belum tahu tentang salah satu program Kementerian Keuangan yaitu Pengarusutamaan Gender (PUG)? Mau tahu lebih lengkapnya? Yuk simak postingan berikut ini!

Pengarusutamaan Gender merupakan strategi untuk mencapai keadilan dan kesetaraan gender melalui kebijakan dan program yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan dan permasalahan perempuan dan laki-laki dalam proses perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi terhadap seluruh aspek kehidupan dan pembangunan.

Pengertian gender sendiri bukan jenis kelamin/prioritas perempuan, namun merupakan peran atau status yang melekat pada laki-laki atau perempuan berdasarkan konstruksi sosial budaya yang dipengaruhi oleh struktur masyarakat yang lebih luas, dapat berubah sesuai perkembangan zaman dan bukan bersasarkan pada perbedaan biologis.

Diharapkan dengan adanya implementasi pengarusutamaan gender (PUG) ini, seluruh pegawai Bea Cukai Dumai mendukung penuh dalam mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender baik di lingkungan kerja maupun di masyarakat umum.

#PengarusutamanGender
#BeaCukaiMakinBaik
#BeaCukaiDumai

Selengkapnya
GEMPUR ROKOK ILEGAL BEA CUKAI DUMAI

Bagan Sinembah (15/09) Dalam rangka menekan peredaran
rokok ilegal, Bea Cukai Dumai menggalakkan kampanye
gempur rokok ilegal melalui sosialisasi ketentuan cukai
rokok secara langsung ke toko - toko di daerah Bagan Sinembah.

Sosialisasi dalam bentuk edukasi kepada masyarakat
terkait ketentuan ketentuan di bidang cukai khususnya
rokok ilegal diharapkan mampu meningkatkan kesadaran
dan kepedulian masyarakat tentang bahaya peredaran
rokok ilegal.

Setelah dilakukan edukasi tentang bahaya mengkonsumsi
dan sanksi yang dapat dikenakan ketika kedapatan menjual
rokok ilegal, diharapkan kedepannya masyarakat tidak lagi
memperjualbelikan rokok ilegal di wilayah pengawasan
#BeaCukaiDumai

Tak lupa kami mengajak seluruh masyarakat untuk turut
serta berkomitmen memberantas peredaran rokok ilegal
yang merugikan perekonomian negara dan masyarakat
untuk #IndonesiaMaju
#BeaCukaiMakinBaik #GempurRokokllegal #BCDumai

Selengkapnya
Pengarahan Kakanwil DJBC Riau

Dumai (19/05) - Masih dalam suasana pelarangan sementara ekspor CPO dan turunannya sejak 28 April kemarin dan bertepatan juga dengan diterapkannya HS Buku Tarif Kepabeanan Indonesia Tahun 2022, Kantor Wilayah DJBC Riau menyelenggarakan internalisasi terkait implementasi BTKI 2022 dan ketentuan larangan sementara ekspor CPO dan turunannya.

Bertempat di Aula Bea Cukai Dumai, kegiatan internalisasi yang diselenggarakan secara hybrid ini mengundang narasumber dari Direktorat Teknis Kepabeanan Kantor Pusat DJBC dan Kantor Wilayah DJBC Riau, internalisasi ini diikuti oleh seluruh pegawai di lingkungan Kantor Wilayah DJBC Riau.

Kegiatan yang dilaksanakan pada siang hari ini dibuka dengan sambutan oleh Kepala Kantor Wilayah DJBC Riau, Agus Yulianto yang langsung dilanjutkan dengan penyampaian arahan singkat oleh narasumber dari Direktorat Teknis Kepabeanan dan Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai serta Plt. Kepala Kantor Bea Cukai Dumai.

Internalisasi dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab oleh peserta diskusi baik yang mengikuti secara daring maupun luring mengenai kendala dan hambatan yang dialami selama melaksanakan tugas di lapangan.

Diharapkan dengan adanya internalisasi ini, dapat memberikan pemahaman kepada seluruh pegawai di lingkungan Kantor Wilayah DJBC Riau terkhusus pegawai Kantor Bea Cukai Dumai yang melakukan pengawasan dan asistensi secara langsung di lapangan terkait dengan implementasi BTKI 2022 dan mengenai ketentuan larangan sementara ekspor CPO dan turunannya.

#BeaCukaiMakinBaik
#LaranganEkspor #CPO
#BTKI2022

Selengkapnya
Sosialisasi BTKI dan Ketentuan Lartas

Dumai (19/05) - Masih dalam suasana pelarangan sementara ekspor CPO dan turunannya sejak 28 April kemarin dan bertepatan juga dengan diterapkannya HS Buku Tarif Kepabeanan Indonesia Tahun 2022, #BeaCukaiDumai bersama Kantor Pusat DJBC menyelenggarakan Sosialisasi BTKI 2022 dan Ketentuan Lartas.

Bertempat di Aula Bea Cukai Dumai, kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan secara hybrid ini mengundang narasumber dari Direktorat Teknis Kepabeanan dan Direktorat Jenderal Agro Kementerian Perindustrian. Sosialisasi kali ini diikuti oleh seluruh pengguna jasa di lingkungan Kantor Wilayah DJBC Riau.

Kegiatan sosialisasi pada pagi hari ini dibuka dengan sambutan oleh Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai, Sehat Yulianto, dan penyampaian arahan singkat oleh Kasubdit Ekspor, Vita Budhi Sulistyo. Selanjutnya, pemaparan materi pertama terkait implementasi BTKI 2022 oleh Kasi Klasifikasi I Dit. Teknis Kepabeanan, Sofian Manahara.

Sosialisasi dilanjutkan dengan pemaparan materi terkait latar belakang penyusunan BTKI 2022 dan dampak amandemen BTKI 2022 oleh Kasubdit Klasifikasi Barang, Panca Putra Jaya. Lalu dilanjutkan dengan penyampaian materi terkait kebijakan industri, pengenaan bea keluar dan identifikasi komoditi larangan sementara ekspor CPO dan turunannya oleh Kasubdit Industri Hasil Perkebunan Non Pangan Kemenperin, Lila Harsyah Bakhtiar.

Sesi penyampaian materi oleh narasumber ditutup dengan sesi diskusi dan tanya jawab oleh peserta diskusi baik yang mengikuti secara daring maupun luring. Sosialisasi BTKI dan ketentuan lartas kali ini ditutup dengan closing statement yang disampaikan oleh para narasumber.

Diharapkan dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, dapat memberikan pemahaman dan jawaban kepada para pengguna jasa di lingkungan Kantor Wilayah DJBC Riau terkait dengan implementasi BTKI 2022 dan mengenai ketentuan larangan sementara ekspor CPO dan turunannya.

#BeaCukaiMakinBaik
#LaranganEkspor #CPO
#BTKI2022

Selengkapnya
Pelantikan Pejabat Fungsional Pemeriksa Bea Cukai Dumai

Dumai (18/05) - Menyambut kedatangan pegawai baru, #BeaCukaiDumai melaksanakan Upacara Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Pejabat Fungsional Pemeriksa Bea dan Cukai yang dihadiri oleh seluruh Pejabat Eselon IV Bea Cukai Dumai.

Bertempat di Aula Bea Cukai Dumai, kegiatan pelantikan yang dipimpin oleh Plt. Kepala Kantor Bea Cukai Dumai ini diawali dengan pembacaan sumpah jabatan, diikuti oleh pejabat fungsional yang dilantik dan didampingi rohaniawan, kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara yang juga diikuti oleh saksi.

Kegiatan upacara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan hari ini diakhiri dengan pemberian selamat kepada pegawai yang telah dilantik oleh Plt. Kepala Kantor Bea Cukai Dumai dan seluruh Pejabat Eselon IV Bea Cukai Dumai.

#BeaCukaiMakinBaik
#Pelantikan
#PejabatFungsional

Selengkapnya
Peningkatan Kompetensi Pegawai (PKP) dengan dengan tema Pengarusutamaan Gender

Dumai (04/03) - Memasuki awal bulan Maret, #BeaCukaiDumai melaksanakan kegiatan Peningkatan Kompetensi Pegawai (PKP) dengan dengan tema Pengarusutamaan Gender (PUG) yang diikuti oleh seluruh pegawai #BeaCukaiDumai.

Materi Pengarusutamaan Gender ini disampaikan oleh Kepala Subbagian Umum, Farida Hertiana Saragih dan Pelaksana Pemeriksa Seksi Kepatuhan Internal, Nila Nofri Yanti serta dimoderatori oleh Pelaksana Pemeriksa Subbagian Umum, Adrianta Ras Sembiring.

Setelah penyampaian materi PUG dari narasumber, peserta diberikan kesempatan untuk melakukan diskusi dan tanya jawab kepada narasumber agar materi yang disampaikan dapat dipahami dengan baik.

Kegiatan yang dilakukan secara daring ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pegawai dalam upaya implementasi #PengarusutamaanGender di lingkungan kantor #BeaCukaiDumai.

#BeacukaiRI
#BeaCukaiMakinBaik

Selengkapnya
Customs Goes To School APBN Week 2022 di SMK Negeri 1 Dumai

APBN WEEK 2022

Kenal, Paham, dan Jaga APBN Negeri

Dumai (24/02) - #BeaCukaiDumai menyelenggarakan kegiatan Customs Goes to School (CGTS) #APBNWeek2022 dengan tema “Kenal, Paham, dan Jaga APBN Negeri” kepada siswa-siswi SMK Negeri 1 Dumai.

Kegiatan CGTS kali ini membahas mengenai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang merupakan perencanaan seluruh kegiatan suatu negara serta peran Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dalam APBN yang merupakan salah satu pengumpul penerimaan negara.

Pada kegiatan CGTS ini juga dilakukan pemutaran video tentang APBN dan dilanjutkan dengan tanya jawab interaktif serta kuis berhadiah yang diikuti oleh siswa-siswi SMK Negeri 1 Dumai yang bersemangat dan turut berperan aktif dalam mengikuti kegiatan ini.

Kegiatan ini diharapkan dapat membangkitkan semangat generasi muda untuk memahami, mengenal, dan menjaga APBN negeri.

@eventbeacukai

#BeacukaiRI
#BeaCukaiMakinBaik

Selengkapnya
PERPISAHAN MUTASI PEGAWAI BC DUMAI

Dumai (24/12) - Seperti fajar yang selalu ditutup oleh senja, setiap pertemuan pasti diakhiri oleh perpisahan. Sama halnya di kantor Bea Cukai Dumai yang baru saja melepas dua orang pegawai mutasi ke kantor barunya.

Meski sudah tidak bekerja di kantor yang sama, semoga kebersamaan yang telah lama terjalin masih tetap terbina walaupun terpaut oleh jarak. Selamat bertugas dan semoga sukses ditempat yang baru diucapkan kepada pegawai mutasi.

#BeaCukaiMakinBaik #BeaCukaiDumai #BCDumai #Perpisahan #mutasi

Selengkapnya
Apel Bersama Bea Cukai Polairud dan KSOP



Selasa (08/06) Dilaksanakan apel Sinergi Operasi Patroli Laut wilayah Riau yang yang diikuti oleh Bea Cukai, Polairud, dan KPLP yang bertempat di Pelabuhan Pelindo I, Dumai.
Apel gabungan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan sinergi patroli laut berskala nasional dengan konsep "unity in effort" oleh jajaran Bea Cukai, Polairud, dan KPLP yang bertujuan untuk pemberantasan NPP, pencemaran lingkungan, serta pelanggaran dan tindak kriminal lainnya di wilayah laut.



Pejabat dari ketiga instansi secara bergantian memberikan amanat terkait fokus sinergi patroli laut di wilayah Riau. Agung Saptono, Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Kanwil DJBC Riau dalam amanatnya menjelaskan bahwa sinergi dalam hal pengawasan diperlukan untuk menjaga wilayah pengawasan perairan Riau, termasuk selat malaka yang setiap harinya dilewati sekitar 200 kapal.



Setelah dilaksanakan apel, selanjutnya dilanjutkan dengan patroli gabungan yang diikuti oleh KP. Antareja 7007 (Korpolairud Baharkam Polri), KP. Kedidi 3015 (Korpolairud Baharkam Polri), KP. IV-1002 (Ditpolairud Polda Riau), KP. IV-2202 (Satpolair Polres Dumai), BC 9004 (Bea & Cukai), BC 10001 (Bea & Cukai), KN.P. 344 (KPLP).



Selengkapnya
Apel Bea Cukai Dumai


Selasa (08/06) Bertempat di halaman kantor, Bea Cukai Dumai melaksanakan apel rutin bulanan yang diikuti seluruh pejabat dan pelaksana di lingkungan #BeaCukaiDumai .

Kegiatan apel ini diambil langsung oleh Fuad Fauzi, Kepala Kantor Bea Cukai Dumai yang menyampaikan amanat terkait menjaga semangat korsa dalam melaksanakan tugas.

Selain semangat korsa, beliau juga mengharapkan para pegawai #BCDumai untuk tetap berkomitmen dalam mewujudkan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBK/WBBM).


#BeaCukai #BeaCukaiMakinBaik

Selengkapnya
Bea Cukai Dumai Gelar Apel Rutin Secara Daring

Apel Rutin Bea Cukai Dumai Februari 2021.

Jum’at (5/2) bertempat di Aula Kantor Bea Cukai Dumai laksanakan apel rutin bulanan yang dipimpin langsung oleh Fuad Fauzi selaku Kepala Kantor. Apel ini merupakan Apel pertama mulai tahun 2021 dimana dilaksanakan dengan cara yang berbeda. Apel rutin ini dilaksanakan oleh beberapa perwakilan pegawai secara langsung dan dihadiri secara virtual oleh seluruh anggota organisasi. hal ini dilakukan agar protokol kesehatan tetap berjalan semana mestinya.

Dalam penyampaiannya Kepala Kantor, Fuad Fauzi menyampaikan beberapa hal terkait kinerja Bea Cukai Dumai di tahun 2020 yang mana merupakan tahun yang penuh tantangan. apresiasi diberikan kepada seluruh pegawai yang telah berjuang memberikan yang terbaik ditengah ancaman wabah pandemi. Capaian yang di raih Bea Cukai Dumai selama tahun 2020 merupakan capaian yang luar biasa, mulai dari target penerimaan negara yang terpenuhi sampai keberhasilan penanganan tindak pidana penyelundupan merupakan kerja keras semua anggota organisasi.

Diakhir amanatnya Kepala Kantor, Fuad Fauzi mengingatkan kepada seluruh pegawai untuk tidak berpuas diri. Capaian yang didapat merupakan tombak semangat untuk konsisten memberikan yang terbaik dalam menghadapi tantangan di tahun 2021 untuk #BeaCukaiMakin Baik

Selengkapnya
Bea Cukai Dumai Tanda Tangani Kontrak Kinerja dan Pakta Integritas Tahun 2021

Jum'at (29/01) bertempat di Aula Kantor Bea Cukai Dumai laksanakan Penandatangan Kontrak Kinerja Tahun 2021 yang dipimpin oleh Kepala Kantor serta diikuti oleh perwakilan pejabat eselon IV, pejabat fungsional dan pelaksana di lingkungan kantor Bea Cukai Dumai. Acara ini merupakan bentuk komitmen setiap pegawai untuk melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik serta komitmen setiap pegawai dalam memberikan pelayanan terbaik sebagai bentuk tekad membangun Zona Integritas, Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (ZI WBK/WBBM) di lingkungan kantor Bea Cukai Dumai.


Mengingat ancaman pandemi masih terjadi. Acara penandatanganan ini selain digelar langsung, juga disiarkan secara virtual melalui aplikasi Zoom untuk mengakomodir para pejabat dan pegawai yang bertugas di lapangan serta yang bekerja secara work From Home (WFH) guna mematuhi protokol kesehatan dengan meminimalisir interaksi tatap muka. 

Dengan dilaksanakannya kegiatan Penandatangan Kontrak Kinerja Tahun 2021 ini diharapkan tiap-tiap pegawai dapat berkomitmen memberikan kinerja terbaiknya untuk memenuhi target yang telah ditetapkan demi mewujudkan #BeaCukaiMakinBaik

Selengkapnya
PENINDAKAN LIMBAH ALAT KESEHATAN (SARUNG TANGAN KARET BEKAS) DAN OBATOBATAN OLEH BEA CUKAI DUMAI

Wabah Covid-19 masih melanda dunia. Kita harus saling menjaga agar kita terlindung dari virus ini. Apa yang terbayang di benak para tenaga medis kita, jika menyaksikan importasi alat kesehatan (alkes) secara serampangan ? Mengabaikan kententuan importasi yang seharusnya dijaga dengan ketat demi menjamin kualitas alat kesehatan yang akan mereka gunakan dalam berperang melawan virus yang begitu ganas mengancam keselamatan manusia.
Bermula dari informasi masyarakat yang peduli sesame, Bea Cukai Dumai berhasil mengamankan 4 (empat) truk yang berisi sarung tangan latex bekas dan obat-obatan beserta 7 (tujuh) orang pengangkut di Jalan Lintas Sumatera yang diduga di selundupkan dari Malaysia pada hari Jumat 15 Januari 2021.
Saat ini terhadap 2 (dua) truk dengan muatan 201 (dua ratus satu) karton obat-obatan telah diserah terimakan kepada BPOM Pekanbaru untuk penanganan lebih lanjut, sementara 2 (dua) truk lainnya yang berisi limbah sarung tangan latex sedang dilakukakn proses penelitian dan pemeriksaan dengan berkoordinasi bersama Tim Gakkum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Provinsi Riau.
Terimakasih dan apresiasi kepada masyarakat yang telah peduli akan keselamatan kita bersama. Bea Cukai Dumai menyadari sepenuhnya, tanpa gandeng tangan dengan semua pihak, mustahil mampu menuntaskan tugasnya dengan optimal.
Selengkapnya
pemusnahan barang hasil penindakan Petugas Bea Cukai Dumai yang telah ditetapkan menjadi Barang Milik Negara (BMN)

Pada hari ini Kamis, tanggal 10 Desember 2020 bertempat di Lapangan Gudang TPP Bea Cukai Dumai, telah dilaksanakan pemusnahan barang hasil penindakan Petugas Bea Cukai Dumai yang telah ditetapkan menjadi Barang Milik Negara (BMN). Pemusnahan BMN tersebut merupakan pemusnahan barang milik negara yang berasal dari penindakan oleh Bea Cukai Dumai tahun 2019 s.d 2020. Atas barang barang tersebut dilakukan penindakan dan penegahan oleh petugas Bea Cukai Dumai karena atas barang barang tersebut melanggar ketentuan Larangan Pembatasan (Lartas) saat importasinya, Melanggar ketentuan Undang Undang Cukai, serta Melanggar ketentuan Kepabeanan.
Kegiatan Penindakan yang dilakukan petugas Bea Cukai Dumai ini merupakan bentuk tanggung jawab dalam menjalankan fungsi yang diemban Bea Cukai sebagai Community Protector, yaitu Bea Cukai berkewajiban untuk melindungi masyarakat dari barang-barang ilegal yang berbahaya bagi kesehatan masyarakat maupun lingkungan. Penindakan yang dilakukan merupakan atas pelanggaran yang dillakukan dibidang kepabeanan yang melanggar UU No 17 Tahun 2006 dan penindakan atas rokok illegal, yang melanggar ketentuan UU No 39 Tahun 2007 tentang Cukai. Hal ini merupakan wujud kesungguhan segenap petugas Bea Cukai untuk menciptakan iklim usaha yang adil dan berimbang serta melindungi masyarakat dari barang-barang illegal.
Pemusnahan dilakukan untuk memberikan efek jera bagi pelaku pelanggaran dan merupakan upaya penegakan hukum untuk melindungi Negara dan kalangan industri dari masuk dan beredarnya barang barang illegal.
Selengkapnya
MERAYAKAN HARI RAYA IDUL ADHA

Hai kawan awak, Beberapa hari yang lalu, kita merayakan hari Raya Idul Adha. Hajatan tahunan menyembilih hewan kurban, sebuah aktifitas ibadah yang bertujaun mencoba meneladani keikhlasan dan ketabahan manusia terpilih, yang kisah hidupnya diabadikan sebagai teladan ketakwaan dan keyakinan pada kehendak Allah, Tuhan Yang Maha Esa.
.
Qurban berasal dari kata Bahasa Arab yakni Qoroba, adapun arti dari Qoroba ini adalah DEKAT. Berkaitan dengan makna harfiah tersebut maka Qurban bisa diartikan sebagai ibadah yang dilaksanakan dengan tujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.
.
Hari ini, Sabtu 1 Agustus 2020, segenap pegawai Bea Cukai Dumai larut dalam aktifitas serupa, penyembelihan hewan kurban. Dua ekor sapi, dari tabungan segenap karyawan dan pegawai Bea Cukai Dumai. Disembelih, dipotong potong sebelum akhirnya dibagikan kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan. Kegembiraan dan keikhlasan yang sebagai makna dari hari raya qurban semoga menular menjadi berkah kepada sesama.
.
Pandemi yang berkepanjangan telah meruntuhkan tidak saja taraf kesejahteraan dan ekonomi kita semua, bahkan berpotensi mengikis nilai nilai kemanusiaan kita. Seluruh penduduk dunia terpuruk, ketinggian peradaban manusia, makhluk Tuhan paling sempurna, tengah di uji. Kisah Ibrahim, Siti Hajar dan Ismail adalah epick keyakinan anak manusia kepada Sang Pencipta. Hidup tak melulu perkara memiliki dan menguasai, tapi juga mengikhlaskan dan membagi. Riwayat mencatat penyembelihan Ismail bukanlah sebuah isyarat keruntuhan peradaban, tapi penegakan ketaatan akan keyakinan yang hakiki. Semoga qurban bukan sekedar ritual semata tapi sebuah ibadah yang akan menyuburkan sisi kemanusiaan kita yang tengah diuji …
.
Selengkapnya
OPERASI GEMPUR ROKOK ILEGAL WILAYAH BAGAN SIAPI API

Selain mengemban fungsi mengamankan devisa negara melalui bea masuk dan bea keluar, Direktorat Jenderal Bea Cukai juga menjalankan fungsi lain yang tidak kalah penting sebagai community protector. Berupaya melindungi masyarakat dari peredaran barang-barang berbahaya dengan mengenakan cukai terhadap barang yang mempunyai sifat atau karakteristik yang ditetapkan dalam Undang-undang Cukai Nomor 39 Tahun 2007.
.
Dari beberapa komoditi yang memiliki karakteristik sebagaimana ditetapkan dalam Undang-undang Cukai, salah satunya yaitu Hasil Tembakau (HT). Pengenaan cukai terhadap Hasil Tembakau dilakukan malalui pelekatan pita cukai. Peningkatan harga pada rokok dengan pita cukai ini diharapkan dapat menurunkan konsumsi rokok dan menurunkan prevalansi penyakit terkait rokok, namun disisi lain dengan harga yang semakin tinggi dikhawatirkan dapat memicu masalah lain yaitu meningkatnya peredaran Barang Kena Cukai (BKC) rokok ilegal di pasaran karena harganya yang miring.
.
Bea Cukai Dumai yang paham akan bahaya laten meningkatnya peredaran BKC berupa rokok illegal rutin menggalakan operasi pasar guna membatasi ruang gerak distributor serta penjual nakal yang masih menjual rokok ilegal. Yang terbaru yaitu Operasi Gempur tahun 2020 yang dilaksanakan pada tanggal 13-15 Juli 2020. Pada operasi pasar kali ini Bea Cukai dumai sekaligus melakukan Sosialisasi Desain Pita Cukai tahun 2020 dan menyisir wilayah Bagansiapiapi dan sekitarnya, meliputi Sinaboi serta Ujung tanjung.
.
Penindakan Operasi Gempur tahun 2020 yang dilaksanakan dalam kurun waktu tiga hari ini berhasil mengamankan 172.780 (Seratus tujuh puluh dua ribu tujuh ratus delapan puluh) batang rokok illegal yang terbagi dalam berbagai merk serta jenis kemasan. Total potensi kerugian negara yang berhasil diselamatkan Bea Cukai Dumai pada penindakan kali ini berjumlah Rp 103.869.632,-. Barang bukti yang didapat selanjutnya dibawa ke Kantor Bea Cukai Dumai untuk diteliti lebih lanjut
Selengkapnya
PEMERIKSAAN RAPID TES BEA CUKAI DUMAI

Pandemi covid 19 telah meluluhlantakan sendi sendi kehidupan, tidak saja isu kesehatan, kini dampak pandemi sudah mulai merambah keberbagai isu isu yang lain, diantaranya berdampak pada lesunya perekonomian, lapangan kerja yang kian terbatas, dunia pendidikan yang seakan terhenti, pariwisata yang telah lama mati suri dan masih banyak isu lainya.
.
Di tengah situasi seperti ini, pemerintah terus bekerja. Berupaya tetap menggerakan tetap berputarnya roda perekonomian, menjadi salah satu tugas dan fungsi Kementerian Keuangan. Bea Cukai, salah satu instansi di bawah Kementerian Keuangan terus berkarya, melayani juga mengawasi, pandemi bukan alasan untuk berhenti. Bersinggungan dan bersentuhan dengan berbagi kalangan masyarakat menjadi hal tak terhindarkan. Pemeriksaan sarana pengangkut kapal tangker rute internasional hingga pengawasan lalu lintas kapal nelayan di perbatasan, adalah salah satu kewajiban yang tidak dapat di tinggalkan.
.
Demi menjaga kesehatan seluruh pegawai Bea Cukai Dumai dan menjaga keselamatan lingkungan, hari ini Jumat 26 Juni 2020 digelar pemeriksaan rapid tes. Keterbatasan sarana dan prasarana mengharuskan pemeriksaan dilaksanakan dengan mempertimbangkan skala prioritas. Kali ini di utamakan pegawai lapangan yang kerap kali langsung berhubungan dengan masyarakat. Hasil rapid tes terhadap 15 (lima belas) petugas Bea Cukai Dumai dinyatakan seluruhnya Non Reaktif. Pemeriksaan akan terus dilaksanakan secara continue dan bertarget.
.
Jaga imunitas, jaga kesehatan dan jaga lingkungan ya Kawan Bea Cukai Dumai.
.
Selengkapnya
PENINDAKAN LEBIH DARI 30Kg SHABU OLEH BEA CUKAI DUMAI POMAL DUMAI dan BNN

Dumai Sabtu, 13 Juni 2020 Tim Gabungan Bea Cukai Dumai, POM AL DUMAI dan Badan Narkotika Nasional (BNN) berhasil menggagalkan upaya penyelundupan lebih dari 30Kg narkotika jenis shabu (methamphetamine) di wilayah perairan kota Dumai. Tim di pimpin langsung oleh Kepala Kantor Bea Cukai Dumai, Fuad Fauzi.
Wilayah perbatasan yang secara geografis masih terdapat begitu banyak celah, rupanya masih menjadi peluang besar mereka untuk menyelundupkan barang barang haram ke Wilayah Nusantara. Tidak lupa, mereka berupaya melibatkan masyarakat setempat sebagai kurir atau transporter barang barang haram tersebut. Kesenjangan ekonomi, langkanya lapangan pekerjaan, tawaran upah yang sangat menggiurkan, nampaknya menjadi variabel yang digarap dengan apik oleh para pemain dan bandar besar Narkotika.
Dalam konferensi persnya, Kepala Kantor Bea Cukai Dumai menyampaikan apresiasi kepada masyarakat luas, khususnya warga kota Dumai dan sekitarnya, yang telah membantu mengungkap jaringan peredaran narkotika khususnya di wilayah kota Dumai. Informasi masyarakat pertama kali di terima petugas Bea Cukai pada hari Jumat 12/06/2020 sekitar pukul 23.30 WIB, bahwa akan ada kegiatan pengiriman Shabu dari Malaysia ke wilayah Indonesia.
Bea Cukai Dumai segera melakukan koordinasi dengan berbagai pihak baik internal maupun eksternal dengan membentuk beberapa tim untuk disebar ke beberapa titik yang berpotensi menjadi landing spot ataupun daerah perlintasan. Setelah dilakukan briefing langsung oleh Kepala Kantor, tim langsung bergerak ke lokasi masing masing. Tidak kurang dikerahkan 3 (tiga) unit kapal patroli Bea dan Cukai, untuk mendukung kegiatan ini. Kegiatan ini juga mendapat dukungan penuh dari POMAL Dumai dan BNN. Setelah lebih dari 12 (dua belas) jam tim dengan sabar menunggu di pos masing masing, akhirnya penantian mereka mulai menemukan titik terang pada hari Sabtu siang. Salah satu tim mencurigai pergerakan speed boat dengan kecepatan tinggi menyusuri perairan Tanjung Lebam Dumai, dari arah Bengkalis. Setelah dilakukan pengejaran, kapal penyelundup berusaha kabur bahkan mencoba melakukan provokasi kepada petugas. Mereka melakukan perlawanan dengan berupaya menabrakan speed boatnya kepada kapal patroli Bea Cukai. Malang speed boat meraka justru mengalami kerusakan dan akhirnya tenggelam/kandas.
Dari penindakan ini, berhasil diamankan dua orang pelaku, masing masing berinisial RI, WNI dengan identitas warga pulau Rupat usia 26 Tahun Lajang pekerjaan petani (mengambil getah karet di wilayah Rupat) sedang pelaku ke-2 inisial MY, WNI tinggal di kota Dumai, Umur 34 Tahun, menikah pekerjaan Nelayan. Berhasil juga diamankan 30 (tiga puluh bungkus) barang berupa kristal bening yang dikemas dalam kemasan teh Cina merk Guanyinwang. Setelah dilakukan pencacahan dan pengujian, di dapatkan barang bukti berupa Shabu (Methaphetamine) seberat 32.196 Gram Brutto, dengan nilai barang sekitar Rp. 32.000.000.000,00 (Tiga puluh dua milyar rupiah). Sementara secara immaterial, jika peredaran ini gagal di tegah, berpotensi merusak kesehatan hampir 161 (seratus enam puluh satu ribu) generasi bangsa. Pelaku dan barang bukti selanjutnya di serahkan ke Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk proses lebih lanjut.
Selengkapnya
KAJIAN TARHIB RAMADHAN ONLINE

Dumai, 20 April 2020
Ditengah wabah pandemi Covid-19, Bea Cukai Dumai tidak memadamkan api semangat membina nurani menjadi lebih baik. Melalui media aplikasi Zoom, Work From Home tidak membatasi setiap Pegawai Bea Cukai Dumai untuk mendapatkan kajian bina mental yang biasa dilaksanakan tiap minggu. Hari ini Kepala Kantor Wilayah DJBC Sumatera Bagian Timur, Dwijo Muryono berkesempatan memberikan materi kepada para pegawai Bea Cukai Dumai dengan tema Tarhib Ramadhan 1441 H.
Beberapa poin bintal daring kali ini diantaranya :
1. Puasa, pada hakekatnya adalah melatih mengendalikan diri dari yang halal. Makan merupakan aktifitas halal yang harus dikendalikan selama menjalankan puasa.
2. Imsak secara harfiah berarti 'menahan' atau 'memelihara', itulah sesungguhnya hakekat aktifitas puasa.
3. Orang yang berhasil ibadah puasanya adalah orang yang mampu mengendalikan dirinya. Menyadari sepenuhnya bahwa seluruh kehidupanya dibawah kendali dirinya sendiri, ditandai dengan tidak gemar menyalahkan orang lain.
4. Menginsafi bahwa sumber kemuliaan manusia adalah ketika dia mampu mengendalikan dirinya sendiri. Orang kuat adalah orang yang memiliki karakter demikian, bahkan setan tidak berdaya dengan orang yang mampu menguasai dirinya sendiri. Setan lemah dihadapan mereka. Allah telah nyatakan dalam surat An Nissa Ayat 76.
5. Semua aktifitas yang kita lakukan hendaklah bertujuan dan mencerminkan sikap takwa (taat kepada Allah karena semata mengharap rahmat-Nya). Bagaikan berlian, seluruh aktifitas manusia bertakwa, akan terlihat banyak sisi yang berkilauan memancarkan akhlak kebaikan.
Kajian ini diharapkan dapat menjebatani setiap pegawai dalam menjalankan tugas dan fungsinya dengan Benar. Benar dalam artian berpikir, bertindak dan benar menurut hati nurani.
Selengkapnya
KEJUARAAN KARATE BEA CUKAI SEPULAU SUMATERA DAN KEPULAUAN RIAU

Kejuaraan Karate Bea Cukai Se-Pulau Sumatera dan Kepulauan Riau
Dumai (8/3/2020) Bea Cukai Dumai mengadakan Kejuaraan Karate Bea Cukai Se-Pulau Sumatera dan Kepulauan Riau di aula kantor Bea Cukai Dumai. Selain sebagai seni bela diri untuk membekali para pegawai dalam pelaksanaan tugas penindakan dan penyidikan, ilmu bela diri karate juga merupakan kegiatan olahraga yang cukup diminati di lingkungan DJBC. Tujuan diadakannya kejuaraan karate ini adalah sebagai ajang silaturahmi dan menjalin hubungan kekeluargaan antar sesama karateka Bea Cukai dan menciptakan kompetisi yang teratur untuk menjaring prestasi para pegawai.
.
Terlihat antusias karateka dari berbagai kantor Bea Cukai wilayah Sumatera dan Kepulauan Riau yang turut ikut serta dengan total jumlah peserta 75 pegawai. Jenis pertandingan yang diadakan antara lain Kata perseorangan putra/putri, Kata beregu putra/putri, Kumite putra/putri, dan Kumite beregu Putra. Kantor dengan total perolehan medali terbanyak dalam kejuaraan kali ini adalah KPPBC TMP B Medan, disusul KPPBC TMP B Dumai dan KPPBC TMP C Tembilahan. Selamat untuk kantor kantor pemenang, dan semangat berjuang kembali di pertandingan selanjutnya. Kawan Awak, mari kita terapkan perilaku Pintar, Benar, Bugar bersama sama. Salam karateka, osh!
.
"Kekuatan tidak berasal dari kemampuan fisik, kekuatan datang dari kemauan yang gigih." — Mahatma Gandhi
Selengkapnya
APEL BULANAN BEA CUKAI DUMAI

Pelaksanaan Apel setiap bulannya adalah rutinitas setiap kantor Bea Cukai di seluruh Indonesia, begitu pula Bea Cukai Dumai. Dipimpin oleh Fuad Fauzi, Kepala Kantor Bea Cukai Dumai dalam amanatnya kembali menegaskan mengenai integritas yang harus selalu ditingkatkan dan ditanam dalam kepribadian seluruh pegawai Bea Cukai Dumai sebagai bentuk perwujudan para pegawai dalam pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wiilayah Birokrasi Bersih Melayani. Usaha para pegawai dalam mencapai target penerimaan merupakan bentuk pelaksanaan tugas dan fungsi sebagai revenue collector yang nantinya akan masuk ke kas negara dan membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia, negeri tercinta. Dukung kami selalu agar selalu mampu memberikan pelayanan terbaik demi kepuasan pengguna jasa dan masyarakat Indonesia untuk #Beacukaimakinbaik

Selengkapnya
SURVEY PELAYANAN PUBLIK DALAM RANGKA PEMBANGUNAN ZI WBK WBBM

Dumai, (24/02/2020). Bea Cukai Dumai menyelenggarakan Survey Pelayanan Publik Dalam Rangka Pembangunan ZI WBK WBBM. Survey kali ini dipandu oleh Muhammad Hakim Satria Kepala Bidang Kepatuhan Internal Kantor Wilayah DJBC Riau beserta tim. Kegiatan ini mengambil sampling pengguna jasa sebagai stake holder Bea Cukai, diantaranya Pengusaha Kawasan Berikat, Importir dan Eskportir, PPJK dan Agen Pelayaran.
Survey diadakan dengan maksud untuk menyelami sejauh mana tingkat kepuasan stakeholder terhadap layanan yang diberikan oleh petugas Bea Cukai Dumai serta kelayakan sarana prasarana yang dibutuhkan. Bea Cukai Dumai berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik.
Ayo kita bersama sama mendukung BC Dumai menjadi lebih baik. Tuliskan juga komentarmu mengenai pengalaman pelayanan di kantor BC Dumai.
Selengkapnya
CUSTOMS VISIT CUSTOMER HPTL JENIS VAPE

Bea Cukai Dumai selalu berupaya dalam pemberantasan rokok ilegal. “Gempur Rokok Ilegal” sudah menjadi trademark-nya Bea Cukai. Gempur Rokok Ilegal merupakan program Bea Cukai yang dimandatorikan kepada seluruh unit vertikal di seluruh Indonesia untuk menurunkan angka rokok ilegal. Kegiatan dilakukan dengan berbagai cara baik dengan upaya penindakan, sosialisasi juga edukasi.

Kali ini Tim Humas Bea Cukai Dumai melakukan kegiatan Customs Visit Customer HPTL Jenis Vape. Kegiatan ini dilakukan guna mencegah secara dini peredaran rokok ilegal khususnya HPTL jenis vape. Selain itu juga untuk menjamin kepatuhan pengusaha terhadap ketentuan di bidang cukai.
Tim Humas Bea Cukai melakukan kunjungan ke toko vape yang ada di Kota Dumai pada 19-20 Februari 2020. Dilaksanakan kegiatan sosialisasi dan edukasi terkait cara mengidentifikasi pita cukai palsu. Dilakukan juga penempelan stiker gempur rokok ilegal agar masyarakat luas lebih mengetahui ciri-ciri rokok ilegal.
Meningkatkan intimasi dengan stake holder, Bea Cukai Dumai menyerahkan goodybag sebagai tanda ungkapan persaudaraan, merajut semangat bersama untuk membangun dan menyelematkan potensi penerimaan Negara, seberapapun nilainya.
Secara individu kita bisa untuk tidak membeli vape ilegal, begitu juga dengan mengajak teman atau saudara kita untuk berhenti membeli vape ilegal. Mari bersama-sama berantas vape ilegal.
Selengkapnya
BEA CUKAI DUMAI MEMBANGUN ZI WBK WBBM

Penataan sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik melalui Reformasi Birokrasi masih menemui beberapa hambatan diantaranya penyalahgunaan wewenang, praktik KKN, dan lemahnya pengawasan

Melalui peraturan Presiden Nomor 81 tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025 telah ditetapkan 3 target pencapaian sasaran hasil utama yaitu:

              1. Peningkatan kapasitasi dan akuntabilitas organisasi;

              2. Pemerintahan yang bersih dan bebas KKN, serta;

              3. Peningkatan pelayanan publik

Pembangunan Zona INtegritas bagi masing masing satuan kerja pemerintah, adalah jawaban nyata untuk menuju reformasi birokrasi yang telat dicanangkan secara serentak dan menyeluruh.

Tidak ingin tertinggal, Bea Cukai Dumai sigap mendukung program pemerintah. Pelayanan yang efektif, transparan, dan tepat waktu menjadi target yang harus dituntaskan. Di bidang pengawasan, bersama sama dengan masyarakat dan aparat penegak hukum di Kota Dumai, Bea Cukai sungguh ingin menjaga masyarakat dari masuknya barang barang ilegal dan membahayakan.

Tanggal 7 Oktober 2019, ditandai dengankegiatan Integrity Fun Run (IFR), secara simbolis Bea Cukai Dumai memantapkan diri melangkah membangun ZI WBK WBBM. Dukungan semua pihak menjadi kunci keberhasilan niat kita bersama

Selengkapnya
BEA CUKAI DUMAI MENDAPAT PENGHARGAAN DARI PEMERINTAH KOTA DUMAI

Dengan segala keterbatasan di tahun pandemi ini, Bea Cukai Dumai mampu membuktikan kinerjanya di bidang pengawasan khususnya Narkotika. Berbagai kasus penangkapan Narkotika, Psikotropika, dan Prekursor menjadi wujud nyata komitmen Bea Cukai Dumai dalam melindungi generasi muda dari barang haram tersebut.

Dalam Apel Luar Biasa yang dilaksanakan kantor Bea Cukai Dumai, Pemerintah Kota Dumai yang diwakili Sekretaris Daerah memberikan penghargaan kepada 53 pegawai Bea Cukai Dumai yang berkontribusi langsung di bidang pengawasan Narkotika. Pengharggan ini merupakan apresiasi Pemerintah Kota Dumai atas perjuangan para petugas yang telah berdedikasi dalam menjaga Indonesia.

Dalam amanatnya, Sekretaris Daerah menyampaikan bahwa penghargaan tersebut merupakan buah hasil kerja keras Bea Cukai Dumai selama ini. Dengan adanya penghargaan ini, diharapkan dapat menjadi pemantik semangat baru dalam melindungi generasi Kota Dumai ke depannya

Selengkapnya
Copyright © 2020 KPPBC TMP B DUMAI. All Rights Reserved
Chat Dengan Kami