KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI
KANTOR WILAYAH DJBC RIAU
KPPBC TMP B DUMAI
By: Admin | Juli 16, 2020
Sejarah Kota Dumai dan KPPBC TMP B Dumai




Kota Dumai merupakan kota di Provinsi Riau dengan wilayah administrasi kotamadya terluas ketiga di Indonesia. Kota Dumai merupakan pemekaran dari Kabupaten Bengkalis yang diresmikan sejak tahun 1999 setelah sebelumnya sempat menjadi kota administratif (kotif) di dalam Kabupaten Bengkalis.

Nama Dumai menurut cerita rakyat tentang Puteri Tujuh, berasal dari kata di lubuk dan umai (sejenis binatang landak) yang mendiami lubuk tersebut. Karena sering diucapkan cepat, lama kelamaan kata-kata tersebut bertaut menjadi d´umai dan selanjutnya menjadi dumai.


==============================================================================================================================




Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Dumai merupakan salah satu Satuan Kerja dibawah Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Cukai Riau yang berlokasi di Jl. Datuk Laksamana, Kelurahan Buluh Kasap, Kecamatan Dumai Timur.

Semenjak didirikan, Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Dumai telah beberapa kali mengalami perubahan tipe kantor, dari yang semula KPPBC Tipe A3 Dumai berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 134/PMK.01/2010 naik tipe menjadi KPPBC Tipe Madya Pabean Dumai pada tahun 2010. Lalu dari KPPBC Tipe Madya Pabean Dumai kembali berubah menjadi KPPBC Tipe Madya Pabean B Dumai pada tahun 2011 berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 131/PMK.01/2011.


Copyright © 2020 KPPBC TMP B DUMAI. All Rights Reserved
Chat Dengan Kami